Sebelum memutuskan untuk membangun atau membeli sebuah rumah, satu hal yang Anda pertimbangkan adalah desainnya yang sesuai keinginan Anda. Beberapa faktor penting, seperti efesiensi ruangan, peletakan peralatan rumah tangga, dan keindahan merupakan sesuatu yang harus dipertimbangkan dengan matang.

Untuk mendesain sebuah rumah, kita tidak perlu repot-repot lagi belajar teknik sipil atau arsitektur. Setiap pemilik rumah atau lahan dapat langsung menggunakan software yang mudah, ringan dan bentuk tampilannya sudah masuk kategori 3D (3 Dimensi), misalnya saja dengan menggunakan sweethome yang bersifat gratisan.

Melalui software sweethome, kita sudah disediakan material dalam pembuatan desain ruangan, antara lain dengan: mengambil ukuran ruangan, membuat tembok, membuat lantai dan lain-lain. Semua tinggal di-click dan drag saja material yang dibutuhkan itu.

Untuk mendapatkan software sweethome bisa melakukan pencarian dengan alamat situs resmi www.sweethome3d.com/index.jsp atau dapat dicari dengan menggunakan Google dengan keywordnya download software sweethome3d.

Perlu diketahui ada 3 Panel yakni:
1. Funiture Catalog, mempunyai fungsi untuk menawarkan ke pembuat desain bentuk-bentuk funiture yang dibutuhkan, baik itu yang berada di kamar mandi, tempat tidur, jenis pintu dan jendela, ruang tamu atau yang lainnya.desain tengah

2. The Plan Of House, mempunyai fungsi untuk dapat di lihat dari atas, dari mulai funiture yang kita pasang, tembok yang kita buat maupun lantai yang telah kita buat.
3. The List Your Home Funiture, mempunyai fungsi untuk daftar funiture yang telah dipasang di dalam ruangan
4. The 3D View Of The House, mempunyai fungsi untuk melihat rumah dalam tampilan 3 Dimensi, jadi kita bisa geser gambar tersebut dari arah mana saja.

Bila ingin membuat ruangan lengkap seperti gambar di atas langkah-langkahnya dapat dilakukan di Plan Of House (No. 2), dan langkahnya sebagai berikut :
1. Buatlah ruangan (Create Room) sesuai yang dikehendaki
2. Buatlah temboknya (Create Wall)
3. Warnai Lantai dengan cukup didouble click saja, pilih texture untuk Kanan dan texture untuk kirinya kemudian pilih warna yang di kehendaki
4. Untuk Warna Lantai juga sama (Cukup Double click – Pilih Warna Lantai yang di Kehendaki)
5. Untuk Funiturenya tinggal ambil di funiture catalog, dengan cara di click and drag.

Panduan teknis sangat mudah dilaksanakan, tinggal explore lebih jauh. Bila dilakukan setiap hari, maka akan cepat mahir deh.

download aplikasinya di http://www.sweethome3d.com/download.jsp

Latihan Membuat Ruangan :

1. Install dan Buka aplikasi SweetHome3D

2. Klik icon Create Room

3. Klik 2x jika, sampe ke titik temu dengan titik akhir

4. Klik icon Create Wall, dan ikuti Room yang sudah anda buat. Klik 2x jika, sampe ke titik temu dengan titik akhir.

5. Tambahkan pintu atau furniture lainnya di ruangan tersebut, dan lihat hasilnya di 3D Viewnya

Lanjutkan dengan membuat Ruangan lainnya, selamat berkreasi.

Ikuti Workshop dan Gabung sebagai Agen Properti di karnogp.com

Komentar Facebook Anda

komentar

Advertisement