Per tanggal 1 Juni 2016, Google tidak lagi mengizinkan Anda untuk menggunakan alamat email dari Gmail sebagai email pengirim (sender email).

Email Marketing dengan Domain Sendiri

Saat anda hendak memberikan penawaran kepada client atau calon target, maka lebih baiknya menggunakan email yang bukan @gmail.com atau @yahoo.com, lebih baiknya menggunakan email dengan domain sendiri Misalkan karnogp@fiberoprik.co.id atau order@websitepraktis.com.

Anggota Rumah Entrepreneur memberikan pelatihan mengenai email server dengan menggunakan Email Cloud dari zoho.com atau yandex.com.

Dengan update kebijakan ini, Gmail hanya mengizinkan email yang dikirim melalui infastruktur mereka sendiri, atau artinya Anda hanya bisa mengirimkan email dengan alamat Gmail (misalnya Baksoajo@gmail.com) melalui aplikasi Gmail, baik versi web maupun mobile.

Karenanya Anda tidak bisa menggunakan ESP (Email Service Provider) seperti Kirim.Email untuk mengirimkan email ke banyak orang sekaligus dengan alamat Gmail sebagai pengirimnya.

Yahoo sudah memberlakukan kebijakan yang sama jauh sebelum Gmail. Karenanya Anda akan mendapatkan hasil yang mirip jika Anda menggunakan Yahoo sebagai email sender Anda.

Untuk keterangan lebih lengkapnya, silahkan baca artikel ini:

https://sendgrid.com/docs/Classroom/Deliver/Sender_Authentication/gmail_dmarc_changes.html

Kebijakan ini tidak hanya berdampak ke Kirim.Email, namun juga ke semua layanan ESP lain. Karenanya ganti sender email Anda sekarang jika masih menggunakan alamat Gmail.

Solusi
Ada 3 solusi yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi masalah ini:

1. Gunakan email dengan domain Anda sendiri.
Email dengan domain sendiri adalah pilihan terbaik untuk Anda yang aktif menggunakan email marketing. Saya sudah menyarankan ini bahkan sebelum Gmail memberlakukan kebijakan baru ini.

Selain email dengan domain sendiri memiliki delivery rate (tingkat pengiriman) yang lebih tinggi, merek Anda juga akan muncul setiap kali Anda mengirimkan email. Sehingga akan meningkatkan brand awareness atau kemelekatan dengan target pasar Anda setiap kali Anda mengirimkan email.

Delivery rate yang baik juga akan membuat email Anda memiliki kemungkinan besar masuk ke Inbox utama (Primary) dan bukannya masuk SPAM.

Saat ini, hampir semua layanan hosting dan domain sudah menyertakan alamat email sendiri setiap kali Anda berlangganan. Tanyakan ke provider domain dan hosting Anda tentang hal ini.

2. Gunakan aplikasi pihak ketiga.
Ini adalah pilihan yang saya gunakan.

    Dengan aplikasi pihak ketiga seperti Google Apps For Business, atau Zoho.com, Anda cukup memiliki domain saja. Sedangkan untuk aplikasi email, server, dll, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga ini.

Biaya yang Anda keluarkan (selain sewa domain) juga cukup murah, Anda bahkan bisa menggunakan Zoho secara gratis sampai titik tertentu.

Dengan aplikasi seperti Google Apps For Business contohnya, Anda bisa menggunakan email dengan alamat sendiri namun dengan kenyamanan Gmail (karena aplikasi emailnya memang Gmail :D), sehingga Anda tidak perlu memikirkan server email, penyimpanan attachment, aplikasi email di HP Anda, dll.

Saya pribadi menggunakan Google Apps For Business yang bisa Anda lihat detailnya disini:

https://apps.google.com/

Biayanya sangat terjangkau dan Anda juga bisa menggunakan free trial selama 30 hari untuk mengetahui apakah layanan ini cocok untuk Anda.

3. Gunakan layanan email lain yang belum memberlakukan kebijakan yang sama.
Alternatif paling mudah, sederhana, dan bisa Anda lakukan sekarang juga adalah membuat email baru di layanan penyedia email yang belum memberlakukan kebijakan yang sama dengan Google dan Yahoo.

Beberapa diantara layanan email yang bisa kami temukan adalah:

http://www.gmx.com/
https://www.fastmail.com/?domain=fastmail.fm
http://www.inbox.com/
https://www.zoho.com/
https://www.yandex.com/
https://mail.rediff.com/registernewmail.htm
http://www.safe-mail.net/
https://www.vfemail.net/
http://www.zilladog.com/
https://www.hushmail.com/
http://www.icqmail.com/
http://www.inbox.com/?show=group
http://www.mail.lycos.com/
http://www.mail.com/int/
http://www.mail2world.com/
http://muchomail.com/
http://freemail.aussiemail.com.au/email/scripts/loginuser.pl
http://mail.emailaccount.com/email/scripts/loginuser.pl

Mungkin Anda tidak bisa mengharapkan tampilan atau fitur sekelas Gmail dari layanan-layanan diatas, tapi beberapa layanan seperti Zoho dan Yandex memiliki aplikasi email yang sangat bagus.

Menurut saya, sekarang adalah kesempatan terbaik untuk Anda membawa bisnis Anda ke tingkatan selanjutnya. Daripada sekedar mengganti alamat email, kenapa tidak sekalian membuat email professional dengan alamat domain Anda sendiri?

Selamat mengganti email.

Fikry Fatullah.

sumber : https://forum.kirim.email
Jasa Pembuatan Website dan Email untuk Marketing Anda

 

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here