Advertisement

Ethnic Indonesia – Diversity of Indonesia atau bisa dikenal dengan www.ethnic.co.id merupakan unit usaha yang dikembangkan oleh Shylla Syah.

Ingin memiliki website seperti www.ethnic.co.id ? Silakan hubungi WebsitePraktis.com
Batik Pemalag sudah ada sejak dahulu kala, dengan adanya motif klasikan yang pakem maupun ragam hias(motifnya). Batik Pemalang telah banyak diproduksi dalam berbagai corak dan bahan, dan telah digunakan sebagai pakaian resmi, seragam sekolah maupun harian.
     Ciri khas batik pemalang terletak pd motifnya digali dari kekayaan budaya jawa, yang erat hubungannya dg kebudayaan daerah. Batik pemalang mempunyai filosofi cukup dalam juga mempunyai nilai nilai seni tinggi dan khas.
     Seperti  daerah pantai lainnya ragam hias batik Pemalang termasuk golongan Batik Pesisiran. Ciri utama batik Pesisiran ini antara lain menggunakan berbagai macam warna dan motifnya yang dipengaruhi kebudayaan atau kesenian Cina, India, Arab Maupun Barat.
     Batik merupakan salah satu kekayaan seni adat dan budaya bangsa yang harus kita jaga dan kita kembangkan. Berbagai daerah memiliki ciri khas dalam model dan motif masing-masing begitu juga dengan Batik dari Kabupaten Pemalang.
     sekarang ini sesaui dengan kemajuan zaman batik dipergunakan juga sebagai pakaian wanita atau rok dan blus, juga kain panjang, daster dan lainnya. Pakaian pria sebagai kemeja safari dan jas. Disamping itu batik dipakai juga sebagai perlengkapan dan dekorasi rumah tangga seperti alas meja, bantal kursi, sprai, sarung bantal dan guling, gorden jendela dan kap lampu dll.
Keadaan inilah yg mendukung makin maju dan berkembangnya usaha batik pada kurun dasawarsa terahir ini telah mampu menciptakan lapangan kerja dan lapangan usaha bagi masyarakat Pemalang.
     Dalam katalog ini ditampilkan beberapa batik klasikan pemalang dan pengembangan batik Pemalang lainnya. Yang telah di kembangkan oleh Batik Arta Kencana Pemalang, dari Batik Klasikan maupun pengembangan batik modern mengikuti selera pasar.

Komentar Facebook Anda

komentar

Advertisement