Advertisement
Advertisement

Bogor, 22-23 April 2024 – SMK Wirabuana di Bogor kembali menegaskan komitmennya dalam menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia industri. Hal ini tercermin dalam kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tahun 2024 yang digelar dengan dukungan penuh dari berbagai pihak industri.

Dalam acara yang berlangsung meriah pada hari ini, para siswa SMK Wirabuana menjalani serangkaian ujian kompetensi untuk menguji pemahaman dan keterampilan yang mereka pelajari selama masa pendidikan di sekolah tersebut. UKK menjadi salah satu momen krusial yang memastikan para siswa telah siap secara profesional dan teknis sebelum melangkah ke dunia kerja.

Tidak hanya melibatkan internal sekolah, kegiatan UKK kali ini juga didukung oleh industri dari Unit Bisnis karnogp.com dengan Direktur yaitu Bapak Karno Ganjar Prasetyo, M.Kom. Perwakilan industri yaitu Bapak Abdul Aziz, S.Kom turut hadir dalam acara ini sebagai penguji serta memberikan masukan yang berharga bagi para siswa. Untuk kegiatan UKK 2024 program studi :

  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan kepala program studi Bapak Ramdoni, S.Kom
  • Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) dengan kepala program studi Bapak Denny

Industri dari karnogp.com di tahun ajaran 2024 telah bekerja sama bidang :

  • Sinkronisasi Kurikulum untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Menerima siswa untuk kegiatan PKL
  • Menyusun bahan ajar untuk kelas 10 dan 11
  • Pembekalan materi industri untuk team guru
  • Mitra kegiatan Teaching Factory
  • Setiap minggu mengirimkan tenaga pengajar dari industri untuk memberikan mentor kepada kelas 10 dan 11 untuk jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

“Kami melihat bahwa SMK Wirabuana telah berhasil menjembatani kesenjangan antara dunia pendidikan dan industri. Kolaborasi antara sekolah dan industri dalam kegiatan seperti ini sangat penting untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan dunia kerja,” ungkap salah satu perwakilan industri yang hadir.

Kegiatan UKK tahun ini juga menjadi momentum bagi SMK Wirabuana untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia. Dengan menjalin kemitraan yang erat dengan industri, sekolah ini berharap dapat terus menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja global.

Seiring berjalannya waktu, SMK Wirabuana di Bogor terus meneguhkan posisinya sebagai lembaga pendidikan vokasi yang unggul dan menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya dalam mempersiapkan generasi muda Indonesia menjadi tenaga kerja yang handal dan profesional.