Advertisement
Advertisement

 1.1       Latar Belakang

Dilihat dari asal katanya, technopreneur merupakan penggabungan dari dua kata yaitu teknologi dan entrepeneur. Yang artinya, technopreneur mengandung makna tentang bagaimana cara pemanfaatan teknologi yang sedang berkembang pesat untuk dijadikan sebagai peluang usaha. Karena untuk entrepreneur itu sendiri mengandung arti sesesorang/badan usaha yang mengelola usaha dengan keberanian untuk mengambil resiko guna mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara mengidentifikasi peluang yang ada. Dan teknologi di masa sekarang menjadi salah satu peluang yang ada. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa technopreneur itu adalah Entrepreneur yang mengoptimalkan berbagai potensi perkembangan teknologi yang ada  sebagai basis pengembangan usaha yang di jalankannya, atau bisa di bilang Technopreneur ini adalah Entrepreneur modern yang berbasis pada teknologi dalam menjalankan usahanya.

Karakteristik Technopreneur

Dilihat dari pengertiannya memang technopreneur merupakan pengelolaan usaha dengan menggunakan basis teknologi. Jika yang sedang Anda bayangkan adalah perusahaan seperti perusahaan pengelola Apple, Twitter, Google, perusahaan pembuat gadget, dll. Hal tersebut memang benar, tetapi tidak selamanya technopreneur itu merupakan usaha dengan jenis seperti disebutkan di atas, melainkan semua jenis usaha yang sebelumnya hanya dikembangkan melalui cara tradisional beralih kepada usaha yang menggabungkannya dengan teknologi seperti perusahaan meubel yang beralih atau meningkatkan pengelolaan usahanya dengan menggunakan mesin yang lebih canggih, atau yang sebelumnya memasarkan dengan menggunakan cara yang tradisional misalnya door to door atau mouth to mouth beralih dengan menggunakan sistem online marketing yang pada dasarnya menggunakan teknologi komputer dan jaringan internet, serta menciptakan inovasi baru dengan menggunakan teknologi yang juga baru, dsb. Sehingga bisa dikatakan bahwa semua orang bisa menjadi pelaku technopreneur karena technopreneur tidak sesulit yang terliat dari namanya itu sendiri karena tergantung dari bagaimana keinginan masing-masing untuk belajar dan mengembangkan kemampuan diri terutama dalam hal ini mengenai teknologi yang selanjutnya digabungkan dengan peluang usaha untuk menjadikan usaha tersebut lebih baik dari sebelumnya.

Peluang Technopreneur Saat Ini

Dunia tekhnologi yang sedang menggeliat saat ini, dengan perkembangannya yang tentu saja berkembang di seluruh penjuru dunia, menjadi peluang yang sangat patut diperhitungkan dan patut dicoba. Karena hal tersebutlah dan ditambah dengan globalisasi serta inovasi tekhnologi memang seharusnya memaksa perusahaan untuk mengubah haluannya menjadi lebih canggih, modern dan sesuai dengan tuntutan pasar saat ini yang mengedepankan efisiensi dan efektivitas yang bisa didapatkan jika perusahaan/peluang usaha lainnya dikelola dengan menggunakan teknologi.

Besarnya peluang tersebut bisa dibuktikan dengan bermunculannya perusahaan-perusahaan pengelola usaha yang bergerak di bidang teknologi, kita kerucutkan saja menjadi perusahaan-perusahaan online marketing atau pengelola website yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Jika memiliki konsep yang sangat unik tentang peluang usaha yang ada hubungannya dengan dunia maya, tidak ada salahnya mencoba untuk bereksperimen dengan menuangkan ide tersebut di internet. Dengan modal yang murah, ide tersebut kemudian akan menjadi mahal dan menghasilkan keuntungan yang tidak diduga sebelumnya.

Sebagai contoh, technopreneur yang bisa dikatakan cukup mudah untuk pelaku usaha yang bisa dikatakan amatir adalah berjualan online. Dengan hanya memajangkan foto barang dan harganya, lakukan proses pembayaran dan pengiriman Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan dan bahkan laba dari penjualan tersebut. Atau, dengan banyaknya referensi yang tersedia juga di internet bisa juga menciptakan inovasi produk berupa barang/jasa yang belum ada sebelumnya terutama barang/jasa yang menggunakan teknologi seperti pada sebuah kompetisi kemarin yang diadakan oleh sebuah organisasi dengan tema ‘Technopreneurship Pemuda tahun 2013′ menghasilkan Juara I dengan jenis inovasi teknologi Penghemat Bahan Bakar Minyak dan Gas. Hal tersebut di atas dapat menjadi contoh tentang bagaimana menggunakan kesempatan untuk memanfaatkan technopreneur yang akan semakin berkembang.

 

1.2       Bentuk dan Tema

Bentuk kegiatan adalah seminar berbasis teknologi dan entreprenuer.       

Tema seminar adalah “Be Young Profesional & Technopreneur”.

1.3       Maksud dan Tujuan

1.3.1   Maksud

Program Rumah Entrepreneur ini dimaksudkan untuk menjalankan program kerja yang selama ini dibuat, dan sebagai latihan peserta Rumah Entrepreneur dalam belajar berjualan.

1.3.2   Tujuan

            Tujuan dari program Rumah Entreprenuer adalah sebagai berikut :

  1. Mengajak peserta Rumah Entreprenur untuk melatih jiwa kewrausahaan di bidang teknologi.
  2. Sebagai media promosi Rumah Entrepreneur.

 

1.4       Bentuk Kegiatan

  1. Seminar bisnis di bidang teknologi.
  2. Tips memulai bisnis toko online.

 

1.5       Waktu dan Tempat Penyelenggaraan Kegiatan

1.5.1   Waktu

Program Rumah Entrepreneur ini diselenggarakan pada:

  • Hari Pertama

Hari/Tgl   : Sabtu, 22 November 2014

Waktu     : 08.00 – 12.00 WIB

1.5.2   Tempat Penyelanggaran Kegiatan

Kegiatan Rumah Entreprenur ini dilaksanakan di Aula LP3I Depok.

LAPORAN KEGIATAN

 

2.1       Pelaksana Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan oleh :

  1. Manager Rumah Entrepreneur : Karno Ganjar Prasetyo    

 

  1. Panitia Kerja
  • Amal Gofa
  • Fariz Yoga Saputra
  • Agus Setiawan
  • Fikri Fadilah
  • Maria Ulfa

 

2.2      Peserta Kegiatan

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta Kampus Depok.

2.3       Narasumber

Narasumber dalam Seminar Technopreneur 2014 ini adalah pendiri jurnalrumah.com, buletinmobil.com, buletinusaha.com dan beberapa media online lainnya, yaitu Karno Ganjar Prasetyo.

 

2.4.      Mitra Kerja Sama

Dalam kegiatan ini Rumah Entrepreneur LP3I Depok, melaukan kegiatan secara mandiri.

 

2.5.      Laporan Keuangan

Dalam kegiatan ini Rumah Entrepreneur LP3I Depok, menggunakan dana kegiatan murni dari Pengurus Rumah Entreprenur LP3I Depok.